Wednesday, October 31, 2012

Resep Bakso Ikan atau Mpek-mpek ala KuroHouseofCraft

 hm... siapa mau bakso ikan/mpek-mpek ini??? hm.. gampang kog buatnya. Tapi harap sabar membaca blog ini, karena saya nggak asal ngasi resep, alias saya beri tips-tipsnya.

Fishball/ bakso ikan atau mpek-mpek atau tekwan dan model, memiliki bahan utama yang sama yaitu ikan dan sagu. Karena itu, kedua bahan utama ini sangat penting. Sebelum membuat bakso ikan/ mpek-mpek, yang harus dilakukan adalah:

1. Pilihlah ikan yang segar, saya menggunakan ikan tengiri, bisa juga ikan lainnya misalnya tuna, gabus, yang serat dagingnya soft. Mintalah si penjual untuk mencuci, membersihkan dan menfilet ikan atau sekalian minta digiling, tapi saya pun kurang suka menggiling ikan di pasar (karena alasan kurang higinenis). Setelah membeli ikan, masukan ikan ke dalam kulkas tanpa dicuci minimum 1 jam. 
Cara menggilingnya: Blender yang saya gunakan untuk menggiling ikan adalah blender biasa <dulu beli hanya 200ribu, merk miyako> tapi saya ganti mata pisaunya dengan mata pisau yang digunakan untuk bumbu rempah (biasanya terpasang dengan gelas yang kecil), pasang karetnya dan pakai gelas blender yang besar yang biasanya untuk jus. note: blender ini memang saya khususkan untuk masak, bukan jus buah-buahan.

2. Pilih tepung sagu yang benar, tepung sagu itu berbeda dengan tepung tapioka, tapi banyak orang bingung, tapioka disamakan dengan tepung sagu. Check dulu harganya sebelum anda membeli, biasanya penjual di pasar akan bilang ini tepung sagu tapi harganya murah nah itu berarti tepung tapioka yang berasal dari ubi ketela pohon. Tepung sagu berasal dari pohon sagu dan harganya lebih mahal. Saya memilih tepung sagu merk Alini, 500 gram, sekitar 7000-9000 per bungkus (maaf lupa harga tepatnya).



Oke, ini dia resep bakso Ikan:


Bahan: 

- 1 Kg Ikan Tengiri, pisahkan daging dari duri, telur ikan, kulitnya dan bagian daging yang berwarna merah (untuk resep bakso kulit ikan lihat di blog selanjutnya)
- 400 gram Tepung sagu
*kalau mau agak keras: buat 3 sdm larutan tepung terigu (cara membuatnya: 1/2 sendok tepung terigu yang dilarutkan dengan 2 sdm air panas, aduk, lalu larutkan lagi dengan 2 sdm air biasa) - kalau mau bakso ikannya lebih lembut jangan tambahkan tepung terigu
- 1 sdm garam (sesuai selera) larutkan dalam 1 gelas air
- Air secukupnya
- 1 sdm minyak wijen (pelengkap supaya tidak terlalu amis dan harum)
- 2 sdm minyak sayur

(Resep ini tidak menggunakan telur)

Caranya:

1. Panaskan 1/2 panci air, didihkan, sambil menunggu..kerjakan langkah 2.
2. Blender Ikan sampai halus, pakai air garam sedikit-sedikir tidak apa misalnya 1/2 gelas, kalau kurang halus tambah 1/2 gelas lagi (tapi air jangan terlalu banyak ya), tempatkan ikan yang sudah dihaluskan ke dalam wadah adonan
3. Masukan dalam adonan (adonan tepung terigu)*jika mau agak keras, tp jika mau lembut loncati langkah ke 3 ini.
4. Masukan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, adonan akan berwarna agak putih dan sudah bisa dibentuk dengan 2 sendok (kalau mau bersih ga pake tangan).
5. Air dalam panci sudah mendidih, masukan 2 sdm minyak sayur ke dalamnya supaya nanti bakso ikan tidak lengket.
6. Masukan satu persatu bulatan adonan ke dalam air mendidih, rebus, jika sudah mengapung 1 menit, angkat dan seterusnya sampai adonan habis.
7. Letakkan bakso ikan di atas saringan lalu taburi dengan 1 sdm minyak sayur supaya tidak lengket, bakso ikan/ mpek2.. siap dihidangkan! 

Tips: <orang palembang suka dikasi tepung sagu lagi, supaya tidak lengket dan lebih awet>, Setelah ditiriskan dan tempatkan di tempat yang ada tutupnya , jangan tutup rapat sampai agak dingin <di tempat terbuka kulit bakso ikan yang tanpa dilumuri tepung sagu/minyak akan mengeras jika terkena udara terbuka>, lalu tutup rapat dan masukan ke kulkas jika ingin dimakan sampai 2-3 hari berikutnya. Cocok buat menyiapkan bekal karena bakso ikan/mpek-mpek ini tinggal direbus/ digoreng. Hasilnya lembut, padat, dan tidak terlalu kenyal :)

Kuah mpek-mpek:
Lelehkan dan rebus gula merah sampai agak cair, bawang merah & putih halus, beri 3 potong asam jawa atau 1 sdt cuka, sedikit cabe halus, ebi dan garam. Dinginkan. 

Untuk bakso ikan kulit rebus/goreng berikut ini baca di blog selanjutnya ya http://kurohouseofcraft.blogspot.com/2012/11/mpek-mpek-kulit-ala-kurohouseofcraft.html. Selamat memasak. ^ ^v


No comments:

Post a Comment