Thursday, November 1, 2012

Mpek-mpek kulit ala KuroHouseofCraft

















Setelah anda mengolah daging ikan menjadi bakso ikan/mpek-mpek dalam resep ini http://kurohouseofcraft.blogspot.com/2012/10/resep-bakso-ikan-atau-mpek-mpek-ala.html. Kulit Ikan dan telur ikan sayang sekali jika dibuang, karena di dalamnya banyak mengandung gizi terutama omega 3. Tetapi kadang mungkin anda malas mengolahnya karena penampakannya yang hitam dan agak liat. Karena itu, Saya akan memberi Resep Mpek-mpek kulit ala KuroHouseofCraft dan tips tentunya.

Tips:
Potong-potong kulit ikan sebelum digiling (blender), ingat mata pisau blender yang digunakan harus yang digunakan untuk bumbu/daging.

Bahan:
- Kulit Ikan & Telur ikan (dari ikan tengiri ukuran 1 Kg), potong-potong kecil
- 1 sdt Merica
- 1 sdt Garam
- 1 sdm onion powder (jika tidak ada, gunakan 2 siung bawang putih halus)
- 1 sdm minyak wijen
- 150 gram tepung sagu
- 1 sdm larutan tepung terigu (sisa dari larutan tepung terigu di resep mpek-mpek/ Bakso Ikan di atas)
- 2 sdm minyak sayur
- air secukupnya

Cara memasak:
- Didihkan air dalam panci (1/2 panci)
- Haluskan kulit ikan dan telur ikan yang sudah dipotong-potong dalam blender, tambahkan air 1-1,5 gelas jika belum halus. Hasilnya mungkin 90% halus dan 10% masih belum tergiling (tidak masalah)
- Masukan ikan yang sudah dihaluskan ke dalam wadah, tambahkan merica, garam, bawang, minyak wijen, dan aduk dengan menambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit. Hasil kekentalan adonan akan sedikit lebih lembek daripada adonan bakso. Karena itu tidak perlu dibentuk, gunakan saja 1 sendok agak besar untuk mengambil adonan dan 1 sendok untuk melepaskan adonan dari sendok pertama ke dalam air mendidih (mengambil adonan dan memasukannya langsung ke air mendidih), lanjutkan sampai adonan habis.
- Tunggu sekitar 10 menit, jika mpek-mpek kulit sudah mengapung, maka sudah matang dan tiriskan, lalu taburi dengan 1-2 sdm minyak sayur supaya tidak lengket.

- Jika mau digoreng, goreng dalam minyak setengah panas, tunggu sampai kekuningan satu sisi, dan balik di sisi lainnya, 3 menit, angkat dan tiriskan.

Mpek-mpek kulit siap dihidangkan :) hm...yummy!

cara penyimpanannya sama dengan Bakso Ikan. Selamat mencoba


No comments:

Post a Comment