Friday, September 20, 2013

Homemade Mooncake Recipe ala KuroHouseofCraft


Setelah mencoba kue kering dan cake, kali ini tiba saatnya mencoba resep mooncake, ide ini tiba-tiba jadi ya bahan dan alatnya tidak terlalu lengkap. Bagi yang mau Resep aslinya dan berikut tutorialnya ada di sini (Christine Recipe) traditional-mooncakes dan cara membuat filingnya ada di sini mung-bean-filling-for-mooncakes, tapi kali ini saya tidak mengisi mooncake dengan kuning telur yang diproses dengan wine seperti pada resep aslinya.

Resep Kulit:
100 gm plain flour -> Tepung Segitiga biru
60 gm golden syrup, homemade or store-bought --> Madu buatan Tropicana (biasanya untuk olesan pancake)
½ tsp alkaline water (aka lye water)--> Air abu, biasanya untuk membuat cincau, ada di toko obat cina (berfungsi membuat kulit mooncake menjadi seperti gel/padat tapi elastis), karena tidak ada saya skip dan saya ganti 1/2 sdt baking soda.
28 gm vegetable oil --> saya ganti olive oil

siapkan tepung yang sudah diayak + baking soda
Aduk golden sirup + minyak sampai rata, masukan dalam tepung, aduk dengan spatula perlahan sampai kalis, bungkus dengan plastik wrap, diamkan minimal 40 menit (lebih baik 4 jam)

sambil menunggu, buat isinya:
Filling (isi): 
A. Chocolate Ogura
- 70 gram kacang merah kupas, rebus dengan 1 gelas air sampai air agak habis,  tunggu sampai uapnya berkurang, blender halus, tambahkan:
- 3 sdm brown sugar
- 1 sdm pasta coklat/ 2 sdm coklat bubuk
- 1/2 sdm tepung terigu, aduk rata, dinginkan sampai suhu ruang. pasta chocolate ogura siap digunakan.

B. Kacang Hijau Keju (Mung Bean Cheeze)
- 50 gram kacang hijau kupas, rebus dengan 1 gelas air sampai air agak habis, tunggu sampai uapnya berkurang, blender halus, tambahkan
- 4-5 sdm keju parut
- 2 sdm gula pasir, 1/4 sdt garam
- 1/2 sdm tepung terigu, aduk rata, dinginkan sampai suhu ruang. pasta kacang hijau siap digunakan

Egg wash (olesan): 
1 egg yolk
2 Tbsp egg white (saya tambahkan 1 sdm golden sugar), aduk rata, siapkan kuas.

cara membuat:
1. Preheat Oven 180 derajat Celcius, siapkan loyang dengan kertas roti (kertas baking) di atasnya.
2. Ambil sekepal adonan (secukupnya), tipiskan, masukan dalam cetakan seperti mangkok, lalu isi dengan filing dan tutup, rapikan (jika tidak ada cetakan, kita bisa memakai cookies cutter yang ukurannya agak besar diameter -+ 5-6 cm). Setelah dicetak rapi, keluarkan dari cetakan dan tempatkan pada loyang yang sudah dialasi kertas roti berjarak 1.5 cm. Ulangi sampai adonan habis, jangan kuatir kalau ada sedikit kulit yang bocor karena filling tidak akan meleleh keluar (kurang menarik aja ya)
3. Oven dalam suhu 180 derajat celcius selama 10-12 menit, keluarkan, olesi dengan Egg wash pada permukaan kue, masukan kembali ke oven selama 5 menit atau berwarna keemasan, angkat, dinginkan pada suhu ruang. Mooncake Homemade siap dihidangkan. :) walaupun kurang profesional karena bahan dan alat tidak lengkap tapi rasanya enak..sedikit mirip pia ^ ^ silahkan mencoba. ^ ^

1 comment: