Monday, April 13, 2015

Tutorial Sakura Light Weight Clay 2 of 3: Macaroons

Sudah baca Tutorial-sakura-light-weight-clay 1 of 3? itu adalah Penjelasan dan tutorial singkat tentang pencampuran warna Sakura Clay.

Untuk tutorial bagian ke 2 ini saya akan memberikan tutorial sederhana membuat Macaroon, ituloh kue asal perancis yang terbuat dari gula, bentuknya bulat pipih dan kresh kresh (ups tp jangan kebanyakan makan gula ya) lebih baik bikin claynya aja :D sehat  & jadi kreatif

Ok. Kita mulai

1. Siapkan warna yang kita mau, kali ini saya siapkan warna pink untuk macaroon & putih untuk cream isiannya.



2. Alat yang diperlukan adalah alat-alat yang ada di rumah, kita bisa menggunakan sikat gigi kecil, tusuk gigi, atau jarum pentul, pilih saja salah satu. 
Body Lotion saya pakai untuk menghaluskan permukaan clay atau mengurangi retak (sst itu Body lotion hasil "gak mau rugi" dari hotel)
Untuk Alas: kita bisa menggunakan cutting matt jika mau memudahkan mengukur skala. Kali ini saya memakai sepotong porselen sisa renovasi rumah 



3. Ambil 2 bagian untuk macaroon berwarna pink, dan 1 bagian kecil untuk isiannya.



4. Pipihkan dengan cara membuat seperti bola dahulu lalu dipipihkan sediki-sedikit dengan lembut sambil diratakan. Mengapa harus lembut, supaya hasilnya tidak retak.


hasilnya seperti ini:



Jika kita menjumpai retak dan tidak menginginkannya, bisa jadi sakura clay sudah mulai kering.


Gunakan body lotion untuk melembabkannya kembali 


Setelah 2 bagian macaroon jadi, pipihkan bagian isian berwarna putih sebagai cream



Tumpuk ketika masih basah atau gunakan sedikit lem kayu/kertas jika sakura clay sudah agak kering (jangan sampai terlalu kering karena kita masih mau membentuk tekstur bagian tengahnya)



Setelah macaroon kita bentuk, sekarang saatnya membentuk tekstur bagian tengahnya. saya memilih tusuk gigi dengan menusuk dan mencungkil sedikit-sedikit bagian atas dan bawah macaroon seperti tutorial berikut ini.





Ini dia macaroon rasa strawberry.. imut kan.. jangan dimakan ya, ini clay :D




No comments:

Post a Comment