Tuesday, November 14, 2017

Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Maafkan blog (reader)-ku yang baik, beberapa waktu ini saya sangat sibuk dengan pesanan dan pesanan dan aneka macam aktivitas sampai tepatnya minggu lalu akhirnya drop juga. Jadi saya belum terima pesanan dulu lagi untuk akhir tahun 2017 ini, rencananya mau selesaiin semua order yang sudah dibayar dan mau refreshing dulu. 

Posting kali ini saya mau post tentang fake food/ food replika sumo wings yang ada di PIK Avenue Mall. Chicken wings (sayap ayam) nya benar-benar sumo dan diisi sama berbagai macam varian. hehe sengaja kufoto supaya bisa dibandingin dengan ukuran hp :D gendut banget kan chicken wingsnya. Buat yang pengen makan, langsung aja ke PIK Avenue ya


Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft
Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Berikut ini foto replika sumo wings yang sengaja dibelah dan kelihatan isinya, yang kubuat ini adalah makaroni cheese dan curry rice. 


Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

kucomot 1 nih, siapa mau ? hihi :P ini clay, jangan dimakan ya, nanti giginya rontok.. makan sumo wings yang aslinya aja.

Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Friday, October 13, 2017

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

These are some of my dummy food arts this week. I make replica of asian fish cakes and dumplings for an asian restaurant in Jogjakarta, Indonesia. 

There are tofu, sausage, fish cakes, fried fish cakes, chicken satay, chikuwa, chicken dumplings, crab dumplings and cheese dumpling too. its made from polymer clay and air dry clay. are they look delicious?

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft


Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

Asian fish cakes are my favorite food so I'm quiet familiar with its shapes and colors. It used to served with soup. I just realized that way of satay is like to eat odeng. In Korea Fishcake is called "eomuk" or "odeng", in Japan it is called oden, I think its originally from China. how about in Indonesia? we called fish cake as bakso ikan, it has different taste and texture with pempek palembang. And if its type is various enough we called it bakso-baksoan. I think I'm really hungry now :D ok then, see you in my next arts.

meet me & follow at KuroHouseofCraft Instagram , sometimes I post my stories there

KuroHouseofCraft


Tuesday, October 3, 2017

Dummy Food Imperial Kitchen Yumzaa by kurohouseofcraft (2)

Pagi ini saya baru sempat ngumpulin foto-foto hasil karya lagi, walaupun setelah ini kembali sibuk lagi dengan karya dummy food berikutnya. Jadi karena waktu agak mepet, fotonya hanya segini ya. Kalau mau lihat lebih detail silahkan nonton di youtube channel saya di sini atau datang langsung ke restorannya, dan sekalian mencicipi makanan aslinya. 

Pembuatan food replica bagian dua untuk Yumzaa Imperial Group ini kebanyakan adalah menu-menu berat yaitu nasi. kebayang ya.. nasi.. ini bukan dimasak lho, tapi dibentuk satu per satu. Jadi cukup membentuk otot jari :D (lengan sih tetep berlemak) :D hihi gagal fokus deh jadi ngomongin otot saya. Maksud saya adalah, kalau mau memesan dummy food dan hasilnya bagus.. jangan buru-buru ya karena memang dari segi proses tidak mudah. Fake food/ dummy food yang saya kerjakan, bukan dimasak/dicetak tapi dibuat dengan handmade dan diusahakan semirip mungkin dengan aslinya. 

Selamat makan :) eh selamat ngiler maksudnya :P


Dummy Food Nasi Hainam by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Dummy Food Nasi sapi lada hitam dan telur mata sapi by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Dummy Food/ Fake food by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Wednesday, August 23, 2017

Varnish untuk polymer clay

Siapa yang pernah mencoba melapisi polymer clay dengan varnish yang sama dengan varnish air dry clay? Pasti sedih deh akhirnya karena kebanyakan varnish air dry clay dan juga varnish yang beli di toko bahan bangunan pun akan membuat karya kita yang tadinya sudah bagus, malah jadi lengket-lengket T T karena saya juga sudah mengalaminya. 

Nah mau nggak mau akhirnya kita pakai varnish khusus polymer clay bermerk yang impor, dan harganya mahal banget dibandingkan varnish air dry clay. Udah harga polymer claynya mahal, varnishnya mahal juga. Padahal kita pengen hasil polymer clay kita terlihat glossy dan shinny. misalnya untuk miniatur sushi, efek glossy sangat dibutuhkan. 


Sekarang, ada kabar gembira untuk kita semua (hehe jadi inget iklan apa gitu ya?) :P

Ada merk varnish lokal yaitu Water Proof On yang memproduksi varnish khusus untuk polymer clay, varnish ini sudah kucoba dan hasilnya sangat memuaskan. Efek glossynya dapet banget dan yang jelas gak bikin clay kita berakhir lengket permukaannya.
harganya untuk saat ini hanya 65000 rupiah untuk 65 ml. Wow.. jauh lebih hemat kan.

Liat tuh si mata owl, itu kukasi varnish WPO polymer claynya lebih banyak daripada bagian badannya. Matanya jadi shinny banget kan :)

Varnish WPO polymer clay ini dijual di tokopedia nya KuroHouseofCraft --> WPO Varnish Polymer clay 
kalau mau order langsung atau kalau stok di tokopedia sedang habis, silahkan saja email ke kuroshoppu@gmail.com ya.

Gimana kabar gembiranya? seneng banget kan ada varnish polymer clay yang murmer. ^ ^

Selamat berkarya. 

Monday, August 21, 2017

Polymer Clay Cernit adalah


Halo, 
kali ini KuroHouseofCraft mau membahas Polymer Clay Cernit.
Kita bahas dulu yuk, apa itu polymer clay? clay seharusnya adalah tanah liat, nah seiring dengan kemajuan jaman, clay pun dibuat secara sintetis. 
Polymer clay yang saya maksud di sini adalah Oven baked polymer clay yang bahan dasarnya adalah PVC atau polymer polyvinyl chloride (PVC). Oven baked artinya kalau mau clay ini menjadi keras, harus dioven dengan suhu dan waktu tertentu.
jadi harus punya oven? iya idealnya, nah sekarang sudah banyak kog oven listrik kecil dengan daya listrik kecil juga. contohnya punyaku Kirin yang 9L 600 watt, ada putaran temperatur dan timernya itu harganya cuma 300ribuan (dayanya hanya duakalinya seterika) dan tentunya ngovennya juga gak lama-lama biasanya kurang dari 30 menit. Biasanya kukumpulin dulu semua karya dan dioven bersama-sama. hemat lho. hihi

Banyak merk oven bake polymer clay yang beredar di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia sendiri polymer clay belum diproduksi, jadi harus impor deh T T tapi gpp kog tenang aja, sudah ada online store juga dan ada juga beberapa distributor yang menjual polymer clay di Indonesia. 
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, ada Fimo dari Jerman, Premo, Sculpey (satu produk dengan Premo) dari USA, Mofa (dari China) dan sekarang masuk lagi satu merk namanya Cernit dari Belgia. Merk-merk lain masih banyak, contohnya Kato dan Pardo.

Polymer clay sendiri banyak digunakan untuk membuat miniatur, figure, perhiasan, dan sebagainya, salah satunya kupakai juga untuk replika makanan yang kubuat. Jadi KuroHouseofCraft pakai bahan clay tentunya yang berkualitas.

Dari semua polymer clay yang sudah kucoba, Cernit ini termasuk yang terbaik. Mestinya sih tadi ceritanya mau kubuat videonya tapi baterai kameraku habis dan susah banget ya bikin video tutorial itu (kita obrolin ini di lain kesempatan deh), kita bahas cernit dulu.

Cernit adalah salah satu merk polymer clay yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh seniman polymer clay di Eropa. Cernit berasal dari Belgia.Temperatur oven cernit adalah 130 C selama 30 menit.

Cernit memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
1. Mudah diconditioning, conditioning adalah proses awal pembuatan polymer clay dengan cara menguleni polymer clay sampai mudah dibentuk.(kucobe hitung proses conditioningnya cuma kurang dari 40 detik, tentu tergantung dari suhu tangan kita, ada yang tangannya hangat, proses conditioning ini bisa lebih cepat). Berbeda dengan merk lainnya yang sulit sekali diconditioning, alias bertekstur keras. Jadi jempol dan jari kita lumayan aman deh kalau pakai cernit ini.

2. Tekstur cernit hampir menyerupai air dry clay, empuk, mudah dibentuk dan tidak mudah lumer. Karena teksturnya pas, menurutku cernit enak buat sculpting.

3. Warna-warna pigment cernit terutama warna dasarnya cukup pekat, sehingga warnanya bisa lebih pekat setelah dioven. 
Buat yang suka berhemat dan suka nyampur-nyampur warna sendiri sepertiku, misalnya kalau mau bikin pink, tinggal campur aja sedikit warna merah dan putih. hehe :)

4. Cernit hasilnya adalah porcelain like finish. Artinya hasilnya tampak seperti porselen dan cukup kuat dibandingkan polymer clay lainnya.
5. Warna translucent white cernit lebih jernih daripada polymer clay lain. Atau kita bisa mencampurkan sedikit cernit warna lain ke cernit translucent white untuk mendapatkan efek transparan pada karya kita.

6. Varian warna dan tipe polymer clay cernit sangat banyak, ada yang warna warni biasa & warna-warna pastel (number one), translucent, glamour yang ada pearl/ metal effectnya, dan neon, juga ada yang glow in the dark. Komplit kan :) 

Untuk karya-karyaku yang menggunakan cernit, sekalian aja lihat dan follow instagramku ya: https://www.instagram.com/kurohouseofcraft/

Nah buat yang mau cobain tapi berasa takut dan mahal untuk beli per blok warna, jangan kuatir. KuroHouseofCraft rela memotong-motong blok clay jadi kecil-kecil supaya bisa dicoba dulu tapi jumlah paket ini sangat terbatas, jujur deh motongin clay ini sempat membuat tanganku luka karena kebalik megang cutternya :D

Ohya di paket ini juga ada bonus-bonus lainnya.


langsung aja ke tokopedia paket warna dasar cernit selama persediaan masih ada ya. 

PAKET INI TERDIRI DARI 

CERNIT OPAQUE WHITE 027
CERNIT XMAS RED 463
CERNIT BLUE 200
CERNIT YELLOW 700
CERNIT BLACK 100
CERNIT BROWN 800
CERNIT OCRE 746
CERNIT FLESH 425
CERNIT TRANSLUCENT WHITE 005 

Setiap kemasan rata-rata 10 gram, kecuali warna opaque white lebih banyak.

Bagi yang mau order per blok polymer clay cernit 56 gram. silahkan email ke kuroshoppu@gmail.com, nanti saya akan mengirim pricelist dan catalognya. ok 



Thursday, August 3, 2017

Dummy Food Imperial Kitchen Yumzaa by kurohouseofcraft (1)

Dummy Food Wonton Noodles

Sudah lama banget nggak sempat posting di blog ini : D maaf ya, karena kesibukan akhir-akhir ini yang menumpuk tiada terkira. Kali ini saya mau posting foto-foto food replika / dummy food yang dipesan Imperial Kitchen Yumzaa. Ini posting tahap 1 ya, karena tahap 2nya belum sempat kupisah-pisahin fotonya dari file.

Menurutku, resto yang saat ini recomended banget dari segi harga dan rasa juga tampilan adalah Imperial Kitchen. 

Waktu memesan food replika seperti di foto ini, chef bawa berbagai bahan untuk sample dan mengukur ukuran per detailnya, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk ukur-ukur wortel, lebar sayur, mie, ayam, dsb. semuanya dengan detil diukur dan dicatat supaya nanti pas membuat jadi lancar dan tidak membingungkan.

Menu Pertama ini adalah replika makanan crispy chicken gravy, yang tersulit adalah membuat sayur seladanya karena harus tipis banget dan bertekstur. dan yang paling kusuka yaitu bikin kacang polongnya.. :D Ohya bahan-bahan kali ini kebanyakan memakai polymer clay dan kebetulan cernit sudah masuk, saya cocok banget dengan bahan ini. buat yang mau pesan polymer clay cernit untuk kreasi-kreasinya boleh contact saya di email ya.




Menu kedua adalah chicken popcorn, yang tersulit justru bukan bikin ayamnya, tapi daun peterseli yang harus dibuat kecil-kecil >< sepertinya minusku mulai nambah


Menu ketiga adalah dummy food lumpia kulit tahu, nah ini just info ya.. pakai varnish WPO Water proof On yang waktu itu kubuat reviewnya enak banget, karena bisa dicampur langsung dengan cat akrilik dan dibuat teksturnya. 


Menu keempat adalah dummy food dimsum siew may, kalau gak salah ini siew may fiesta. hmmm siapa yang laper.. langsung ke Imperial Kitchen ya. hihi soalnya yang ini cuma clay. dan diriku iseng-iseng membuat miniaturnya dari sisa bahan clay yang ada.



Menu selanjutnya adalah dummy food sup mie pedas dengan daging sapi. hm... 


Dan setelah semua menu dummy food disiapkan, tidak kelupaan dessertnya.. Yumzaa toast with ice cream. Jujur ini yang paling suka kubuat, entah kenapa suka banget bikin toastnya yang ada crumble roti dan ada gosong-gosongnya. 



Dari sekian banyak order dummy food yang kukerjakan, pesanan ini salah satu yang waktu ngerjain moodnya bagus banget, Itu karena, pertama foto dan sample yang diberikan sama, dan jelas keinginannya si customer, hampir tidak ada revisi-revisi di tengah prosesnya. Dan lagi mereka cukup mengerti bahwa dummy food ini hasil karya seni yang dibuat dengan handmade, jadi dalam pembuatannya cukup jarang minta buru-buru. Terimakasih Imperial Kitchen Yumzaa. semoga dengan adanya dummy food dari KuroHouseofCraft bisa makin laris manis. 

Bon appetite :)

Friday, April 21, 2017

Water Proof On review (air dry clay sealer/ varnish)

Dear crafter, hari ini saya mau memperkenalkan/ review tentang produk sealer/ varnish untuk kebutuhan craft kita terutama pada clay. Produk ini made in Indonesia (bahagia banget akhirnya ada varnish made in Indonesia) dan tentunya kualitasnya gak kalah dengan sealer import. Ok kita bahas yuk satu per satu

Water Proof On varnish for air dry clay



Nama Sealer/ Varnish ini adalah Water Proof On, disingkat WPO. WPO ini diperuntukkan untuk air dry clay (bisa untuk clay tepung homemade, cold porcelain clay/ soft clay seperti thai clay, joyful clay, modena dan sejenisnya, bisa juga untuk air dry clay yang mengandung kertas/ paper clay seperti Hearty, sakura clay, la doll dan sejenisnya.) Jadi jelas ya, ini diaplikasikan untuk air dry clay. Bukan untuk Polymer clay. Sama halnya dengan lem, kita harus tau sebagai crafter produk x ini cocok untuk A, B dan C, sedangkan Y untuk D, E, F. Tentu karena beda materi ya beda penanganan.
Ohya varnish ini cocok untuk materi/cat akrilik, karena waterbase tentu saja kurang cocok dengan lukisan cat air. Tapi tunggu aja kering dan pelan-pelan dikuaskan juga bisa harusnya.

Berat bersih varnish ini per botol adalah 150 ml. Larutan WPO adalah untuk glossy finish, dan menurutku cairannya cukup kental. Nah di sini letaknya kita para crafter/clayers bisa hemat. Karena WPO bersifat waterbase dan bisa diencerkan dengan air. Semakin banyak air semakin hasilnya Matte Finish. Tentunya kualitas water proofnya ya akan lebih berkurang, tapi masih bagus sampai pencampuran 40% dengan air (read: water). (for english reader: water in Indonesia is "air")

Ohya, supaya hemat, saya sarankan untuk WPO yang diencerkan gunakan botol terpisah. Saya lebih suka ditempatkan di botol kaca seperti ini. karena tutupnya karet dan mudah dibuka. tapi botol plastik juga nggak apa-apa kog.

Water Proof On varnish for air dry clay

Berikut ini adalah contoh beberapa hasil kreasi clay air dry yang kubuat. Replika Strawberry di kanan menggunakan 100% WPO, dengan glossy finish. Strawberrynya kelihatan segar ya (awas jangan dimakan, itu clay) :P Pertamanya cairan ini seperti translucent, tapi setelah kering akan benar-benar bening.
Permen/lolipop di sebelah kanan itu saya menggunakan WPO +15% air, sedangkan permen pink di bagian depan yang ada mata kawainya. itu menggunakan WPO +40% air.

Untuk miniatur Es pisang ijo seperti di bawah itu, bagian sirup pinknya saya juga pakai WPO lho. Caranya cukup pakai sedikit WPO yang kental + sedikit cat air dan aduk rata. hmm.. jadi deh sirup di atas es. Kalau clayers kreatif berkreasi WPO ini bisa dimanfaatkan menjadi bermacam2 kreasi sesuai kreatifitas kita.

Miniature @KuroHouseofCraft Water Proof On varnish for air dry clay

Sama seperti varnish lainnya, aplikasikan WPO menggunakan kuas yang lembut supaya hasilnya merata dan rapi. Tapi kalau mau tekstur kasar WPO bisa juga diaplikasikan menggunakan kuas yang kasar. Jadi hasil akhir adalah tergantung teknik kita dalam menggunakan kuas.

Sedikit tips untuk kuas, kuas yang terbaik adalah kuas untuk kutek (yang warna hitam) tapi kalau susah ditemui, pilih aja yang lembut. Setelah dipakai, kuas dibersihkan menggunakan Aceton lalu cuci dengan sabun bayi supaya kembali lembut. Jika masih ada sisa varnish yang kering, sikat kuas dengan sikat gigi dalam keadaan kering supaya residu varnish bisa dibersihkan. (ingat ini tips untuk kuas varnish ya, bukan untuk kuas kecil yang biasa digunakan untuk melukis mata, dsb). Intinya kita sebagai crafter/clayers harus tau dengan baik cara memperlakukan materi dan craft tools kita. bagaimana caranya? yuk latihan terus dan bereksplorasi.

Water Proof On varnish for air dry clay
Buat yang mau memesan bisa ke kuroshoppu@gmail.com, atau ke tokopedia Tokopedia Varnish WPO 


Happy Crafting

Saturday, April 8, 2017

Dummy Food Ice cream Magnum red velvet

Wah Magnum akhir-akhir ini ada banyak variannya, salah satunya adalah magnum red velvet. Saya sendiri belum ngerasain, soalnya di daerah rumah saya belum ada nih. kayaknya sih enak ya :) red velvet gituloh :)

Nah, warna red velvet magnum ini memang tidak terlalu merah, mungkin karena ada campuran susu/ full creamnya. Untuk membuat dummy foodnya, kesulitannya adalah ngeratain clay yang bermotif cream itu. Dummy Food ini semua terbuat dari full polymer clay, jadi kalau seandainya nih kena air bisa dicuci atau dilap dengan air. 


Dummy Food Magnum Red velvet by KuroHouseofCraft
bagi yang mau bikin dummy food/ replika makanan/ fake food bisa kirim foto ke email: kuroshoppu@gmail.com, tentu saja waktu pembuatannya tidak bisa buru-buru, rata-rata adalah minimal 1 bulan, karena setiap bagian dikerjakan dengan detail dan handmade. Di samping itu tergantung juga jumlahnya.

Ohya bagi yang mau coba buat sendiri dan mau beli bahan claynya, contact aja langsung ke email ya. 

Terimakasih Magnum, sudah membuat dummy food di KuroHouseofCraft dan sabar juga menunggu. :) 

Wednesday, March 29, 2017

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Kali ini saya membuat replika ice cream Magnum, ternyata sekarang magnum itu bisa dikasih berbagai topping lho. Hmm ini beberapa contohnya :D tapi ini food replika ya, bukan es beneran.

Replica ini kubuat dengan full polymer clay untuk dapet feel matte dari coklat magnum dan supaya bisa mulus permukaannya. Dan tangan saya lumayan jadi berotot karena harus conditioning kurang lebih 1 kg polymer clay ><"

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Hal yang cukup sulit adalah membuat logo "M"nya itu, ditambah penataan toppingnya tentunya, karena almondnya sendiri harus seperti dilapis coklat dan putih tapi masih harus tetap kelihatan transparan. Terimakasih ya Magnum sudah membuat replica di KuroHouseofCraft :) Dan Magnum itu menurutku memang enak sih, akibat bikin replika kali ini saya banyak beli magnum untuk referensi :D

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Wednesday, March 22, 2017

Belle clay doll figure of Beauty and the Beast


Hi, 

This is my "beauty and the beast" week, I'm kind of can't stop making belle princess doll :D

Belle Princess clay doll of Beauty and the beast by KuroHouseofCraft
here you can see my last figure of belle in blue dress when she singing bonjour while she carrying her favorite book. And this one is when belle has beautiful dancing with the Beast. I make it little glamour and follow the Emma Watson's yellow dress. Oh I wanna dance like her :D

If you want to know the polymer clay I use, it is cernit. For the dress I used translucent yellow mixed up with glamour white :) Its beautiful.

So this one I make the picture just like in blue night with shining stars :) 

Belle Princess clay doll of Beauty and the beast by KuroHouseofCraft
#belle #princessbelle #kurohouseofcraft #yellowdress


Thursday, March 16, 2017

Semi 3D Figure Belle Beauty and the beast


Beberapa minggu ini saya super sangat sibuk, masih sama berkecimpung di dummy makanan. Karena cukup penat, kemaren malem diriku tidak bisa tidur, jam 11 malam akhirnya bikin figure semi 3Dnya Belle deh hihi... Ini kuanggap fanartnya Belle dan tidak kujual, alias buat koleksi sendiri dan dipajang di lemari pajangan. hehehe

Ohya, saya lumayan suka Belle dari kecil, karena princess ini nggak cuma mendambakan pangeran berkuda. Tapi princess ini suka baca buku dan cerdas, juga sifatnya tulus :) 
Ah dulu inget banget waktu kecil om saya ngajak nonton Belle di bioskop.. rasanya seneeng banget. jujur deh..lebih suka Belle sama si the Beast (pas jadi beast) daripada pas berubah jadi ganteng..hahaha *pikiran anak-anakku dulu cukup aneh ya :P


Figure Belle ini kubuat dari cernit polymer clay, sengaja full cernit pengen benar-benar tahu hasilnya gimana. Bagian kepala dan tangan + kaki, dari cernit flesh kode 425 dan kucampur porcelain white 50%-50%.

Dan roknya.. uhuiiii suka deh, pakai warna blue yang translucent kucampur sedikit glamour white. Jadinya ada shiny pearl effectnya. celemeknya juga dari glamour white.. cantik nggak? Yang mau polymer clay cernit (bahan clay) silahkan email ke kuroshoppu@gmail.com atau ke facebook saya KuroHouseofCraft  see you. ayo kerja lagi.. semangattt


Ohya.. saya juga suka lagunya yang dinyanyiin Celine Dion
kupaste-in ya..

Beauty & The Beast
CĂ©line Dion, Peabo Bryson
Tale as old as time
True as it can be
Barely even friends
Then somebody bends
Unexpectedly
Just a little change
Small to say the least
Both a little scared
Neither one prepared
Beauty and the beast
Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before and ever just as sure as the sun will rise
Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before
Ever just as sure
As the sun will rise
Tale as old as time
Tune as old as song
Bitter sweet and strange
Finding you…

Wednesday, March 15, 2017

Dummy Food Apple Strudel

Sekitar akhir tahun, Corica Indonesia dengan makanan hitsnya yaitu Apple Strudel kembali memesan dummy/ replica Apple Strudel di KuroHouseofCraft.
Jujur, pastry alias apple strudel ini termasuk salah satu yang tersulit yang saya buat. Dari segi waktu memerlukan berminggu-minggu dan beberapa kali revisi untuk detil setiap layernya. 

Bagian yang tersulit adalah layer paling atas dengan taburan gula. Saya harus memperhatikan detil gelembung, gula dan tampilan pastry yang mengkilap kecoklatan. Sampai waktu bikin ini, cukup stress juga sekaligus lembur dan tidak bisa tidur nyenyak. Thanks God akhirnya jadi juga dan customer puas dengan hasilnya. Praise the Lord :D

Replica Apple strudel yang saya buat ini adalah kombinasi antara air dry clay dan polymer clay. Memang ada sebagian bagian yang harus menggunakan air dry clay dan sebagian lagi harus menggunakan polymer clay supaya detilnya benar-benar mirip. Ok langsung lihat aja hasilnya ya :)


Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Monday, March 6, 2017

Replica Frozenpop Popsicles SWEET GEMS

Hi, pernah buat es popsicles di rumah? semacam es potong yang terbuat dari sari buah (jus) dan dibekukan di dalam cetakan. Kalau sudah beku..tinggal diambil dari cetakannya dan dinikmati, hmm segerr..

Tapi ini adalah replikanya hihi. kali ini saya membuat replika popsicles/ frozen pop'nya SWEET GEMS (follow ya instagramnya)..  


Sebelum menerima order ini, terus terang saya deg-degan banget... karena memang frozen pops ini kelihatan gampang. oh no.. I am not deal with real food but replica of real food * * yang mana saya tidak akan punya cetakan si es ini, jadi hal pertama.. mau tidak mau saya harus sculpt clay berbentuk menyerupai es yang asli supaya dapat diaplikasikan ke resin. 
Ice cream bagi saya agak lebih mudah, tapi untuk es dengan bentuk padat..meratakan clay sungguh tidak mudah. Sehingga proses pembuatan es kali ini harus melalui 17 kali percobaan + 1 kali revisi hanya untuk bentuknya saja. Belum termasuk pengaturan gradasi warna (yang mana ada 14 buah replika es yang gagal), hehe itu juga lengkap dengan pembuatan isiannya yaitu replika daun mint, berries seperti strawberry, raspberry, blueberry, juga kiwi slice dan buah naga berikut bijinya yang kecil-kecil yang terbuat dari polymer clay. 

Kebayang ya..bagiku ini pembuatan replika yang cukup rumit sekalipun hasilnya terlihat sederhana.




Tingkat kesulitan berikutnya adalah bagian lengkung di bagian bawah es yang harus terlihat seperti es potong yang melembung karena efek dingin. >< cukup membuat saya extra deg-degan deh.. thanks God, akhirnya jadi juga dan sampai bahanku habis-bis nih hehe.. dan lebih bersyukurnya saya, adalah ketika pemesannya adalah orang yang mengerti seni dan sangat sabar. Bayangin lho..proses percobaannya mulai dari bulan November 2016 dan sekarang awal maret 2017. Yap.. ketika saya berani deal dengan tantangan baru seperti ini, saya pun harus bertanggung jawab membuat replika makanan ini dengan hasil yang terbaik. Hm.. tapi pengen deh nanti disempurnakan lagi hasilnya hihi..

Ohya waktu nerima sample esnya SWEET GEMS ini, memang beneran kog terbuat dari sari buah asli dan tanpa bahan pengawet. karena sebentar aja kukeluarin dari kulkas, warna es yang mencair langsung berubah dan warna buahnya pun langsung berubah. Artinya SWEET GEMS ini bener-bener produk es yang sehat ..eits jangan makan replikanya ya :P Sukses buat SWEET GEMS. Terimakasih sudah memesan replika es di KuroHouseofCraft.



Tuesday, February 21, 2017

Polymer Clay Cernit

Hi, 

Hari ini saya mau info soal polymer clay terbaru yang sekarang sudah ada di Indonesia. 
CERNIT namanya. 
Seperti yang kita ketahui, polymer clay adalah clay yang terbuat dari bahan dasar polymer dan harus dioven untuk mengeraskan clay ini. Polymer Clay yang sudah ada di Indonesia sudah lumayan nih sekarang, ada Fimo, Premo (Sculpey), MOFA dan sekarang CERNIT. Masing-masing punya sifat dan keunggulannya sendiri.


CERNIT harus dioven dengan suhu 130 derajat Celcius selama 30 menit. Warna-warna yang diproduksi cernit cukup lengkap. Ada yang Opaque (disebut seri number one), Translucent, Glamour (metal effect/ pearl effect), Neon, dsb.

Yang saya suka dari clay ini:
Yang pertama, clay ini cukup empuk ketika diconditioning (istilah mudahnya: diuleni) menggunakan tangan. Jadi tidak perlu pakai tenaga besar dan tidak menghabiskan waktu kita. Karena empuknya ini, clay ini mudah dibentuk.

Yang kedua, CERNIT bersifat agak kenyal ketika dibentuk, ini relatif sebenarnya. Tapi dibandingkan dengan brand lain saya merasa cernit sedikit tidak mudah lengket2/lumer di tangan. Hm.. tapi ini tergantung tangan kita ya, hangat atau tidak. Kalau tangan kita hangat kita bisa membiarkan clay ini dulu beberapa supaya tidak terlalu empuk. so far, bagi saya clay ini enak digunakan dan hasilnya cukup elastis setelah dibaking (ingat, temperaturnya dan waktunya harus benar ya).

Yang ketiga, adalah pigmen warnanya. Memang cernit setelah dioven warnanya menjadi lebih tua, ini butuh latihan dan feeling kita di dalam pencampuran warna. Tapi saya jujur suka dengan pigmen yang ada di tipe translucentnya. Ini adalah contoh raspberry yang saya buat dari translucent red-nya CERNIT. 
raspbery by KuroHouseofCraft
Ohya, waktu itu saya juga bikin miniatur nasi kuning dari cernit translucent yellow. Hasilnya mantab bener-bener mirip warna nasi kuning. Dan bagi yang suka bikin fairy-fairy..silahkan deh coba cernit translucent white untuk bikin sayapnya. 

contoh translucent CERNIT


Nah berikutnya adalah porcelain likenya cernit, hmm..ini keunggulan utamanya sih. Kalau kita sering main airdry clay sejenis flower clay (thai clay, cold porcelain, modena, dsb), CERNIT hasilnya adalah porcelain like finish. Contoh figure (kepala) yang kubuat menggunakan cernit klik di sini, hasilnya sangat memuaskan. Warna kulit yang ada di situ, kucampur antara white 010 porceline like, number one flesh 425 dan warna almond 744. Ohya clay ini cukup enak lho disculpt.



Tipe White CERNIT 010 Porcelain dan 027 Opaque

Segini dulu penjelasan saya soal CERNIT ya, karena belum sempat cobain macem-macem lagi. Bagaimanapun seneng banget ada polymer clay baru yang masuk ke Indonesia. Kabar gembira banget buat yang suka bikin jewelry, flower, figure, miniatur dan sebagainya.
Bagi yang mau info lebih banyak boleh ke facebook saya album cernit atau kirim email ke kuroshoppu@gmail.com untuk pemesanan, nanti saya akan kirim catalog dan pricelistnya. 
Terimakasih ^ ^ Happy Crafting

Polymer Clay CERNIT @ KuroHouseofCraft

Monday, February 20, 2017

Clay Diorama: Family in little island

This diorama I made for my friend who inspire me about home schooling educations for my future kids :) She is so talented.

The diorama is about one happy family. There are husband, wife and a little boy... they are lost in one little island. But they are not sad and confuse, instead.. they are so happy find this island because there are many beautiful creatures, crabs, sea snails, fish, and others. The beach also so clean and blue :) 


Clay Diorama: Family in little island +Kuro House of Craft 


Hoho.. Actually this is kind of first time I make coconut tree miniature. I was quite worry when it on shipping the leave will broken. but it fine. 

One thing make me feel regret, my friend told me that the cartoon box is wet and broken when she receive this diorama, some figure parts like her figure hair already loose. It still can be fixed by clear metal glue but I am so sorry and I learned from this I must cover the cartoon box with tight plastic cover for next any figures packaging.
Clay Diorama: Family in little island +Kuro House of Craft

 So, these are some creatures in that island :) 

Clay Diorama: Family in little island +Kuro House of Craft

Polymer Clay Thimble Collections

Hi, today I'm gonna show you some of my thimble collections from polymer clay. I make it from Mofa polymer clay and I use acrylic paint for the gold accents.

These thimbles size are just same like normal thimble, you can put it in your finger. but this is not gonna used like real thimble, it just for miniature. So I make miniatures of old vintage sewing machine, the smaller one I wrote it as "singer".

One of my craft friend request these thimble and she want its written with "Adida Indonesia" behind it. Adida Indonesia is one of good quilting community, so I decided to make another miniature of quilt, scissors and spool of thread in the top of that thimble. I hope she will like it :) 



I actually made another one, just a small 3D painting thimble using clay. you can check on my instagram here and please be happy to follow my instagram.

I think I want to make more thimbles ^ ^ it kind of addicted. 

Art regards,
KuroHouseofCraft