Friday, April 21, 2017

Water Proof On review (air dry clay sealer/ varnish)

Dear crafter, hari ini saya mau memperkenalkan/ review tentang produk sealer/ varnish untuk kebutuhan craft kita terutama pada clay. Produk ini made in Indonesia (bahagia banget akhirnya ada varnish made in Indonesia) dan tentunya kualitasnya gak kalah dengan sealer import. Ok kita bahas yuk satu per satu

Water Proof On varnish for air dry clay



Nama Sealer/ Varnish ini adalah Water Proof On, disingkat WPO. WPO ini diperuntukkan untuk air dry clay (bisa untuk clay tepung homemade, cold porcelain clay/ soft clay seperti thai clay, joyful clay, modena dan sejenisnya, bisa juga untuk air dry clay yang mengandung kertas/ paper clay seperti Hearty, sakura clay, la doll dan sejenisnya.) Jadi jelas ya, ini diaplikasikan untuk air dry clay. Bukan untuk Polymer clay. Sama halnya dengan lem, kita harus tau sebagai crafter produk x ini cocok untuk A, B dan C, sedangkan Y untuk D, E, F. Tentu karena beda materi ya beda penanganan.
Ohya varnish ini cocok untuk materi/cat akrilik, karena waterbase tentu saja kurang cocok dengan lukisan cat air. Tapi tunggu aja kering dan pelan-pelan dikuaskan juga bisa harusnya.

Berat bersih varnish ini per botol adalah 150 ml. Larutan WPO adalah untuk glossy finish, dan menurutku cairannya cukup kental. Nah di sini letaknya kita para crafter/clayers bisa hemat. Karena WPO bersifat waterbase dan bisa diencerkan dengan air. Semakin banyak air semakin hasilnya Matte Finish. Tentunya kualitas water proofnya ya akan lebih berkurang, tapi masih bagus sampai pencampuran 40% dengan air (read: water). (for english reader: water in Indonesia is "air")

Ohya, supaya hemat, saya sarankan untuk WPO yang diencerkan gunakan botol terpisah. Saya lebih suka ditempatkan di botol kaca seperti ini. karena tutupnya karet dan mudah dibuka. tapi botol plastik juga nggak apa-apa kog.

Water Proof On varnish for air dry clay

Berikut ini adalah contoh beberapa hasil kreasi clay air dry yang kubuat. Replika Strawberry di kanan menggunakan 100% WPO, dengan glossy finish. Strawberrynya kelihatan segar ya (awas jangan dimakan, itu clay) :P Pertamanya cairan ini seperti translucent, tapi setelah kering akan benar-benar bening.
Permen/lolipop di sebelah kanan itu saya menggunakan WPO +15% air, sedangkan permen pink di bagian depan yang ada mata kawainya. itu menggunakan WPO +40% air.

Untuk miniatur Es pisang ijo seperti di bawah itu, bagian sirup pinknya saya juga pakai WPO lho. Caranya cukup pakai sedikit WPO yang kental + sedikit cat air dan aduk rata. hmm.. jadi deh sirup di atas es. Kalau clayers kreatif berkreasi WPO ini bisa dimanfaatkan menjadi bermacam2 kreasi sesuai kreatifitas kita.

Miniature @KuroHouseofCraft Water Proof On varnish for air dry clay

Sama seperti varnish lainnya, aplikasikan WPO menggunakan kuas yang lembut supaya hasilnya merata dan rapi. Tapi kalau mau tekstur kasar WPO bisa juga diaplikasikan menggunakan kuas yang kasar. Jadi hasil akhir adalah tergantung teknik kita dalam menggunakan kuas.

Sedikit tips untuk kuas, kuas yang terbaik adalah kuas untuk kutek (yang warna hitam) tapi kalau susah ditemui, pilih aja yang lembut. Setelah dipakai, kuas dibersihkan menggunakan Aceton lalu cuci dengan sabun bayi supaya kembali lembut. Jika masih ada sisa varnish yang kering, sikat kuas dengan sikat gigi dalam keadaan kering supaya residu varnish bisa dibersihkan. (ingat ini tips untuk kuas varnish ya, bukan untuk kuas kecil yang biasa digunakan untuk melukis mata, dsb). Intinya kita sebagai crafter/clayers harus tau dengan baik cara memperlakukan materi dan craft tools kita. bagaimana caranya? yuk latihan terus dan bereksplorasi.

Water Proof On varnish for air dry clay
Buat yang mau memesan bisa ke kuroshoppu@gmail.com, atau ke tokopedia Tokopedia Varnish WPO 


Happy Crafting

Saturday, April 8, 2017

Dummy Food Ice cream Magnum red velvet

Wah Magnum akhir-akhir ini ada banyak variannya, salah satunya adalah magnum red velvet. Saya sendiri belum ngerasain, soalnya di daerah rumah saya belum ada nih. kayaknya sih enak ya :) red velvet gituloh :)

Nah, warna red velvet magnum ini memang tidak terlalu merah, mungkin karena ada campuran susu/ full creamnya. Untuk membuat dummy foodnya, kesulitannya adalah ngeratain clay yang bermotif cream itu. Dummy Food ini semua terbuat dari full polymer clay, jadi kalau seandainya nih kena air bisa dicuci atau dilap dengan air. 


Dummy Food Magnum Red velvet by KuroHouseofCraft
bagi yang mau bikin dummy food/ replika makanan/ fake food bisa kirim foto ke email: kuroshoppu@gmail.com, tentu saja waktu pembuatannya tidak bisa buru-buru, rata-rata adalah minimal 1 bulan, karena setiap bagian dikerjakan dengan detail dan handmade. Di samping itu tergantung juga jumlahnya.

Ohya bagi yang mau coba buat sendiri dan mau beli bahan claynya, contact aja langsung ke email ya. 

Terimakasih Magnum, sudah membuat dummy food di KuroHouseofCraft dan sabar juga menunggu. :) 

Wednesday, March 29, 2017

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Kali ini saya membuat replika ice cream Magnum, ternyata sekarang magnum itu bisa dikasih berbagai topping lho. Hmm ini beberapa contohnya :D tapi ini food replika ya, bukan es beneran.

Replica ini kubuat dengan full polymer clay untuk dapet feel matte dari coklat magnum dan supaya bisa mulus permukaannya. Dan tangan saya lumayan jadi berotot karena harus conditioning kurang lebih 1 kg polymer clay ><"

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Hal yang cukup sulit adalah membuat logo "M"nya itu, ditambah penataan toppingnya tentunya, karena almondnya sendiri harus seperti dilapis coklat dan putih tapi masih harus tetap kelihatan transparan. Terimakasih ya Magnum sudah membuat replica di KuroHouseofCraft :) Dan Magnum itu menurutku memang enak sih, akibat bikin replika kali ini saya banyak beli magnum untuk referensi :D

Food Replica Magnum by KuroHouseofCraft

Wednesday, March 22, 2017

Belle clay doll figure of Beauty and the Beast


Hi, 

This is my "beauty and the beast" week, I'm kind of can't stop making belle princess doll :D

Belle Princess clay doll of Beauty and the beast by KuroHouseofCraft
here you can see my last figure of belle in blue dress when she singing bonjour while she carrying her favorite book. And this one is when belle has beautiful dancing with the Beast. I make it little glamour and follow the Emma Watson's yellow dress. Oh I wanna dance like her :D

If you want to know the polymer clay I use, it is cernit. For the dress I used translucent yellow mixed up with glamour white :) Its beautiful.

So this one I make the picture just like in blue night with shining stars :) 

Belle Princess clay doll of Beauty and the beast by KuroHouseofCraft
#belle #princessbelle #kurohouseofcraft #yellowdress


Thursday, March 16, 2017

Semi 3D Figure Belle Beauty and the beast


Beberapa minggu ini saya super sangat sibuk, masih sama berkecimpung di dummy makanan. Karena cukup penat, kemaren malem diriku tidak bisa tidur, jam 11 malam akhirnya bikin figure semi 3Dnya Belle deh hihi... Ini kuanggap fanartnya Belle dan tidak kujual, alias buat koleksi sendiri dan dipajang di lemari pajangan. hehehe

Ohya, saya lumayan suka Belle dari kecil, karena princess ini nggak cuma mendambakan pangeran berkuda. Tapi princess ini suka baca buku dan cerdas, juga sifatnya tulus :) 
Ah dulu inget banget waktu kecil om saya ngajak nonton Belle di bioskop.. rasanya seneeng banget. jujur deh..lebih suka Belle sama si the Beast (pas jadi beast) daripada pas berubah jadi ganteng..hahaha *pikiran anak-anakku dulu cukup aneh ya :P


Figure Belle ini kubuat dari cernit polymer clay, sengaja full cernit pengen benar-benar tahu hasilnya gimana. Bagian kepala dan tangan + kaki, dari cernit flesh kode 425 dan kucampur porcelain white 50%-50%.

Dan roknya.. uhuiiii suka deh, pakai warna blue yang translucent kucampur sedikit glamour white. Jadinya ada shiny pearl effectnya. celemeknya juga dari glamour white.. cantik nggak? Yang mau polymer clay cernit (bahan clay) silahkan email ke kuroshoppu@gmail.com atau ke facebook saya KuroHouseofCraft  see you. ayo kerja lagi.. semangattt


Ohya.. saya juga suka lagunya yang dinyanyiin Celine Dion
kupaste-in ya..

Beauty & The Beast
Céline Dion, Peabo Bryson
Tale as old as time
True as it can be
Barely even friends
Then somebody bends
Unexpectedly
Just a little change
Small to say the least
Both a little scared
Neither one prepared
Beauty and the beast
Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before and ever just as sure as the sun will rise
Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before
Ever just as sure
As the sun will rise
Tale as old as time
Tune as old as song
Bitter sweet and strange
Finding you…

Wednesday, March 15, 2017

Dummy Food Apple Strudel

Sekitar akhir tahun, Corica Indonesia dengan makanan hitsnya yaitu Apple Strudel kembali memesan dummy/ replica Apple Strudel di KuroHouseofCraft.
Jujur, pastry alias apple strudel ini termasuk salah satu yang tersulit yang saya buat. Dari segi waktu memerlukan berminggu-minggu dan beberapa kali revisi untuk detil setiap layernya. 

Bagian yang tersulit adalah layer paling atas dengan taburan gula. Saya harus memperhatikan detil gelembung, gula dan tampilan pastry yang mengkilap kecoklatan. Sampai waktu bikin ini, cukup stress juga sekaligus lembur dan tidak bisa tidur nyenyak. Thanks God akhirnya jadi juga dan customer puas dengan hasilnya. Praise the Lord :D

Replica Apple strudel yang saya buat ini adalah kombinasi antara air dry clay dan polymer clay. Memang ada sebagian bagian yang harus menggunakan air dry clay dan sebagian lagi harus menggunakan polymer clay supaya detilnya benar-benar mirip. Ok langsung lihat aja hasilnya ya :)


Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Food Replica / Dummy Food Apple Strudel by KuroHouseofCraft

Monday, March 6, 2017

Replica Frozenpop Popsicles SWEET GEMS

Hi, pernah buat es popsicles di rumah? semacam es potong yang terbuat dari sari buah (jus) dan dibekukan di dalam cetakan. Kalau sudah beku..tinggal diambil dari cetakannya dan dinikmati, hmm segerr..

Tapi ini adalah replikanya hihi. kali ini saya membuat replika popsicles/ frozen pop'nya SWEET GEMS (follow ya instagramnya)..  


Sebelum menerima order ini, terus terang saya deg-degan banget... karena memang frozen pops ini kelihatan gampang. oh no.. I am not deal with real food but replica of real food * * yang mana saya tidak akan punya cetakan si es ini, jadi hal pertama.. mau tidak mau saya harus sculpt clay berbentuk menyerupai es yang asli supaya dapat diaplikasikan ke resin. 
Ice cream bagi saya agak lebih mudah, tapi untuk es dengan bentuk padat..meratakan clay sungguh tidak mudah. Sehingga proses pembuatan es kali ini harus melalui 17 kali percobaan + 1 kali revisi hanya untuk bentuknya saja. Belum termasuk pengaturan gradasi warna (yang mana ada 14 buah replika es yang gagal), hehe itu juga lengkap dengan pembuatan isiannya yaitu replika daun mint, berries seperti strawberry, raspberry, blueberry, juga kiwi slice dan buah naga berikut bijinya yang kecil-kecil yang terbuat dari polymer clay. 

Kebayang ya..bagiku ini pembuatan replika yang cukup rumit sekalipun hasilnya terlihat sederhana.




Tingkat kesulitan berikutnya adalah bagian lengkung di bagian bawah es yang harus terlihat seperti es potong yang melembung karena efek dingin. >< cukup membuat saya extra deg-degan deh.. thanks God, akhirnya jadi juga dan sampai bahanku habis-bis nih hehe.. dan lebih bersyukurnya saya, adalah ketika pemesannya adalah orang yang mengerti seni dan sangat sabar. Bayangin lho..proses percobaannya mulai dari bulan November 2016 dan sekarang awal maret 2017. Yap.. ketika saya berani deal dengan tantangan baru seperti ini, saya pun harus bertanggung jawab membuat replika makanan ini dengan hasil yang terbaik. Hm.. tapi pengen deh nanti disempurnakan lagi hasilnya hihi..

Ohya waktu nerima sample esnya SWEET GEMS ini, memang beneran kog terbuat dari sari buah asli dan tanpa bahan pengawet. karena sebentar aja kukeluarin dari kulkas, warna es yang mencair langsung berubah dan warna buahnya pun langsung berubah. Artinya SWEET GEMS ini bener-bener produk es yang sehat ..eits jangan makan replikanya ya :P Sukses buat SWEET GEMS. Terimakasih sudah memesan replika es di KuroHouseofCraft.