Tuesday, November 14, 2017

Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Maafkan blog (reader)-ku yang baik, beberapa waktu ini saya sangat sibuk dengan pesanan dan pesanan dan aneka macam aktivitas sampai tepatnya minggu lalu akhirnya drop juga. Jadi saya belum terima pesanan dulu lagi untuk akhir tahun 2017 ini, rencananya mau selesaiin semua order yang sudah dibayar dan mau refreshing dulu. 

Posting kali ini saya mau post tentang fake food/ food replika sumo wings yang ada di PIK Avenue Mall. Chicken wings (sayap ayam) nya benar-benar sumo dan diisi sama berbagai macam varian. hehe sengaja kufoto supaya bisa dibandingin dengan ukuran hp :D gendut banget kan chicken wingsnya. Buat yang pengen makan, langsung aja ke PIK Avenue ya


Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft
Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Berikut ini foto replika sumo wings yang sengaja dibelah dan kelihatan isinya, yang kubuat ini adalah makaroni cheese dan curry rice. 


Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

kucomot 1 nih, siapa mau ? hihi :P ini clay, jangan dimakan ya, nanti giginya rontok.. makan sumo wings yang aslinya aja.

Chicken wings fake food - sumo wings by KuroHouseofCraft

Friday, October 13, 2017

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

These are some of my dummy food arts this week. I make replica of asian fish cakes and dumplings for an asian restaurant in Jogjakarta, Indonesia. 

There are tofu, sausage, fish cakes, fried fish cakes, chicken satay, chikuwa, chicken dumplings, crab dumplings and cheese dumpling too. its made from polymer clay and air dry clay. are they look delicious?

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft


Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

Dummy Food Asian Fish Cake by KuroHouseofCraft

Asian fish cakes are my favorite food so I'm quiet familiar with its shapes and colors. It used to served with soup. I just realized that way of satay is like to eat odeng. In Korea Fishcake is called "eomuk" or "odeng", in Japan it is called oden, I think its originally from China. how about in Indonesia? we called fish cake as bakso ikan, it has different taste and texture with pempek palembang. And if its type is various enough we called it bakso-baksoan. I think I'm really hungry now :D ok then, see you in my next arts.

meet me & follow at KuroHouseofCraft Instagram , sometimes I post my stories there

KuroHouseofCraft


Tuesday, October 3, 2017

Dummy Food Imperial Kitchen Yumzaa by kurohouseofcraft (2)

Pagi ini saya baru sempat ngumpulin foto-foto hasil karya lagi, walaupun setelah ini kembali sibuk lagi dengan karya dummy food berikutnya. Jadi karena waktu agak mepet, fotonya hanya segini ya. Kalau mau lihat lebih detail silahkan nonton di youtube channel saya di sini atau datang langsung ke restorannya, dan sekalian mencicipi makanan aslinya. 

Pembuatan food replica bagian dua untuk Yumzaa Imperial Group ini kebanyakan adalah menu-menu berat yaitu nasi. kebayang ya.. nasi.. ini bukan dimasak lho, tapi dibentuk satu per satu. Jadi cukup membentuk otot jari :D (lengan sih tetep berlemak) :D hihi gagal fokus deh jadi ngomongin otot saya. Maksud saya adalah, kalau mau memesan dummy food dan hasilnya bagus.. jangan buru-buru ya karena memang dari segi proses tidak mudah. Fake food/ dummy food yang saya kerjakan, bukan dimasak/dicetak tapi dibuat dengan handmade dan diusahakan semirip mungkin dengan aslinya. 

Selamat makan :) eh selamat ngiler maksudnya :P


Dummy Food Nasi Hainam by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Dummy Food Nasi sapi lada hitam dan telur mata sapi by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Dummy Food/ Fake food by KuroHouseofCraft for Yumzaa Imperial Group

Wednesday, August 23, 2017

Varnish untuk polymer clay

Siapa yang pernah mencoba melapisi polymer clay dengan varnish yang sama dengan varnish air dry clay? Pasti sedih deh akhirnya karena kebanyakan varnish air dry clay dan juga varnish yang beli di toko bahan bangunan pun akan membuat karya kita yang tadinya sudah bagus, malah jadi lengket-lengket T T karena saya juga sudah mengalaminya. 

Nah mau nggak mau akhirnya kita pakai varnish khusus polymer clay bermerk yang impor, dan harganya mahal banget dibandingkan varnish air dry clay. Udah harga polymer claynya mahal, varnishnya mahal juga. Padahal kita pengen hasil polymer clay kita terlihat glossy dan shinny. misalnya untuk miniatur sushi, efek glossy sangat dibutuhkan. 


Sekarang, ada kabar gembira untuk kita semua (hehe jadi inget iklan apa gitu ya?) :P

Ada merk varnish lokal yaitu Water Proof On yang memproduksi varnish khusus untuk polymer clay, varnish ini sudah kucoba dan hasilnya sangat memuaskan. Efek glossynya dapet banget dan yang jelas gak bikin clay kita berakhir lengket permukaannya.
harganya untuk saat ini hanya 65000 rupiah untuk 65 ml. Wow.. jauh lebih hemat kan.

Liat tuh si mata owl, itu kukasi varnish WPO polymer claynya lebih banyak daripada bagian badannya. Matanya jadi shinny banget kan :)

Varnish WPO polymer clay ini dijual di tokopedia nya KuroHouseofCraft --> WPO Varnish Polymer clay 
kalau mau order langsung atau kalau stok di tokopedia sedang habis, silahkan saja email ke kuroshoppu@gmail.com ya.

Gimana kabar gembiranya? seneng banget kan ada varnish polymer clay yang murmer. ^ ^

Selamat berkarya. 

Monday, August 21, 2017

Polymer Clay Cernit adalah


Halo, 
kali ini KuroHouseofCraft mau membahas Polymer Clay Cernit.
Kita bahas dulu yuk, apa itu polymer clay? clay seharusnya adalah tanah liat, nah seiring dengan kemajuan jaman, clay pun dibuat secara sintetis. 
Polymer clay yang saya maksud di sini adalah Oven baked polymer clay yang bahan dasarnya adalah PVC atau polymer polyvinyl chloride (PVC). Oven baked artinya kalau mau clay ini menjadi keras, harus dioven dengan suhu dan waktu tertentu.
jadi harus punya oven? iya idealnya, nah sekarang sudah banyak kog oven listrik kecil dengan daya listrik kecil juga. contohnya punyaku Kirin yang 9L 600 watt, ada putaran temperatur dan timernya itu harganya cuma 300ribuan (dayanya hanya duakalinya seterika) dan tentunya ngovennya juga gak lama-lama biasanya kurang dari 30 menit. Biasanya kukumpulin dulu semua karya dan dioven bersama-sama. hemat lho. hihi

Banyak merk oven bake polymer clay yang beredar di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia sendiri polymer clay belum diproduksi, jadi harus impor deh T T tapi gpp kog tenang aja, sudah ada online store juga dan ada juga beberapa distributor yang menjual polymer clay di Indonesia. 
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, ada Fimo dari Jerman, Premo, Sculpey (satu produk dengan Premo) dari USA, Mofa (dari China) dan sekarang masuk lagi satu merk namanya Cernit dari Belgia. Merk-merk lain masih banyak, contohnya Kato dan Pardo.

Polymer clay sendiri banyak digunakan untuk membuat miniatur, figure, perhiasan, dan sebagainya, salah satunya kupakai juga untuk replika makanan yang kubuat. Jadi KuroHouseofCraft pakai bahan clay tentunya yang berkualitas.

Dari semua polymer clay yang sudah kucoba, Cernit ini termasuk yang terbaik. Mestinya sih tadi ceritanya mau kubuat videonya tapi baterai kameraku habis dan susah banget ya bikin video tutorial itu (kita obrolin ini di lain kesempatan deh), kita bahas cernit dulu.

Cernit adalah salah satu merk polymer clay yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh seniman polymer clay di Eropa. Cernit berasal dari Belgia.Temperatur oven cernit adalah 130 C selama 30 menit.

Cernit memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
1. Mudah diconditioning, conditioning adalah proses awal pembuatan polymer clay dengan cara menguleni polymer clay sampai mudah dibentuk.(kucobe hitung proses conditioningnya cuma kurang dari 40 detik, tentu tergantung dari suhu tangan kita, ada yang tangannya hangat, proses conditioning ini bisa lebih cepat). Berbeda dengan merk lainnya yang sulit sekali diconditioning, alias bertekstur keras. Jadi jempol dan jari kita lumayan aman deh kalau pakai cernit ini.

2. Tekstur cernit hampir menyerupai air dry clay, empuk, mudah dibentuk dan tidak mudah lumer. Karena teksturnya pas, menurutku cernit enak buat sculpting.

3. Warna-warna pigment cernit terutama warna dasarnya cukup pekat, sehingga warnanya bisa lebih pekat setelah dioven. 
Buat yang suka berhemat dan suka nyampur-nyampur warna sendiri sepertiku, misalnya kalau mau bikin pink, tinggal campur aja sedikit warna merah dan putih. hehe :)

4. Cernit hasilnya adalah porcelain like finish. Artinya hasilnya tampak seperti porselen dan cukup kuat dibandingkan polymer clay lainnya.
5. Warna translucent white cernit lebih jernih daripada polymer clay lain. Atau kita bisa mencampurkan sedikit cernit warna lain ke cernit translucent white untuk mendapatkan efek transparan pada karya kita.

6. Varian warna dan tipe polymer clay cernit sangat banyak, ada yang warna warni biasa & warna-warna pastel (number one), translucent, glamour yang ada pearl/ metal effectnya, dan neon, juga ada yang glow in the dark. Komplit kan :) 

Untuk karya-karyaku yang menggunakan cernit, sekalian aja lihat dan follow instagramku ya: https://www.instagram.com/kurohouseofcraft/

Nah buat yang mau cobain tapi berasa takut dan mahal untuk beli per blok warna, jangan kuatir. KuroHouseofCraft rela memotong-motong blok clay jadi kecil-kecil supaya bisa dicoba dulu tapi jumlah paket ini sangat terbatas, jujur deh motongin clay ini sempat membuat tanganku luka karena kebalik megang cutternya :D

Ohya di paket ini juga ada bonus-bonus lainnya.


langsung aja ke tokopedia paket warna dasar cernit selama persediaan masih ada ya. 

PAKET INI TERDIRI DARI 

CERNIT OPAQUE WHITE 027
CERNIT XMAS RED 463
CERNIT BLUE 200
CERNIT YELLOW 700
CERNIT BLACK 100
CERNIT BROWN 800
CERNIT OCRE 746
CERNIT FLESH 425
CERNIT TRANSLUCENT WHITE 005 

Setiap kemasan rata-rata 10 gram, kecuali warna opaque white lebih banyak.

Bagi yang mau order per blok polymer clay cernit 56 gram. silahkan email ke kuroshoppu@gmail.com, nanti saya akan mengirim pricelist dan catalognya. ok 



Thursday, August 3, 2017

Dummy Food Imperial Kitchen Yumzaa by kurohouseofcraft (1)

Dummy Food Wonton Noodles

Sudah lama banget nggak sempat posting di blog ini : D maaf ya, karena kesibukan akhir-akhir ini yang menumpuk tiada terkira. Kali ini saya mau posting foto-foto food replika / dummy food yang dipesan Imperial Kitchen Yumzaa. Ini posting tahap 1 ya, karena tahap 2nya belum sempat kupisah-pisahin fotonya dari file.

Menurutku, resto yang saat ini recomended banget dari segi harga dan rasa juga tampilan adalah Imperial Kitchen. 

Waktu memesan food replika seperti di foto ini, chef bawa berbagai bahan untuk sample dan mengukur ukuran per detailnya, dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk ukur-ukur wortel, lebar sayur, mie, ayam, dsb. semuanya dengan detil diukur dan dicatat supaya nanti pas membuat jadi lancar dan tidak membingungkan.

Menu Pertama ini adalah replika makanan crispy chicken gravy, yang tersulit adalah membuat sayur seladanya karena harus tipis banget dan bertekstur. dan yang paling kusuka yaitu bikin kacang polongnya.. :D Ohya bahan-bahan kali ini kebanyakan memakai polymer clay dan kebetulan cernit sudah masuk, saya cocok banget dengan bahan ini. buat yang mau pesan polymer clay cernit untuk kreasi-kreasinya boleh contact saya di email ya.




Menu kedua adalah chicken popcorn, yang tersulit justru bukan bikin ayamnya, tapi daun peterseli yang harus dibuat kecil-kecil >< sepertinya minusku mulai nambah


Menu ketiga adalah dummy food lumpia kulit tahu, nah ini just info ya.. pakai varnish WPO Water proof On yang waktu itu kubuat reviewnya enak banget, karena bisa dicampur langsung dengan cat akrilik dan dibuat teksturnya. 


Menu keempat adalah dummy food dimsum siew may, kalau gak salah ini siew may fiesta. hmmm siapa yang laper.. langsung ke Imperial Kitchen ya. hihi soalnya yang ini cuma clay. dan diriku iseng-iseng membuat miniaturnya dari sisa bahan clay yang ada.



Menu selanjutnya adalah dummy food sup mie pedas dengan daging sapi. hm... 


Dan setelah semua menu dummy food disiapkan, tidak kelupaan dessertnya.. Yumzaa toast with ice cream. Jujur ini yang paling suka kubuat, entah kenapa suka banget bikin toastnya yang ada crumble roti dan ada gosong-gosongnya. 



Dari sekian banyak order dummy food yang kukerjakan, pesanan ini salah satu yang waktu ngerjain moodnya bagus banget, Itu karena, pertama foto dan sample yang diberikan sama, dan jelas keinginannya si customer, hampir tidak ada revisi-revisi di tengah prosesnya. Dan lagi mereka cukup mengerti bahwa dummy food ini hasil karya seni yang dibuat dengan handmade, jadi dalam pembuatannya cukup jarang minta buru-buru. Terimakasih Imperial Kitchen Yumzaa. semoga dengan adanya dummy food dari KuroHouseofCraft bisa makin laris manis. 

Bon appetite :)

Friday, April 21, 2017

Water Proof On review (air dry clay sealer/ varnish)

Dear crafter, hari ini saya mau memperkenalkan/ review tentang produk sealer/ varnish untuk kebutuhan craft kita terutama pada clay. Produk ini made in Indonesia (bahagia banget akhirnya ada varnish made in Indonesia) dan tentunya kualitasnya gak kalah dengan sealer import. Ok kita bahas yuk satu per satu

Water Proof On varnish for air dry clay



Nama Sealer/ Varnish ini adalah Water Proof On, disingkat WPO. WPO ini diperuntukkan untuk air dry clay (bisa untuk clay tepung homemade, cold porcelain clay/ soft clay seperti thai clay, joyful clay, modena dan sejenisnya, bisa juga untuk air dry clay yang mengandung kertas/ paper clay seperti Hearty, sakura clay, la doll dan sejenisnya.) Jadi jelas ya, ini diaplikasikan untuk air dry clay. Bukan untuk Polymer clay. Sama halnya dengan lem, kita harus tau sebagai crafter produk x ini cocok untuk A, B dan C, sedangkan Y untuk D, E, F. Tentu karena beda materi ya beda penanganan.
Ohya varnish ini cocok untuk materi/cat akrilik, karena waterbase tentu saja kurang cocok dengan lukisan cat air. Tapi tunggu aja kering dan pelan-pelan dikuaskan juga bisa harusnya.

Berat bersih varnish ini per botol adalah 150 ml. Larutan WPO adalah untuk glossy finish, dan menurutku cairannya cukup kental. Nah di sini letaknya kita para crafter/clayers bisa hemat. Karena WPO bersifat waterbase dan bisa diencerkan dengan air. Semakin banyak air semakin hasilnya Matte Finish. Tentunya kualitas water proofnya ya akan lebih berkurang, tapi masih bagus sampai pencampuran 40% dengan air (read: water). (for english reader: water in Indonesia is "air")

Ohya, supaya hemat, saya sarankan untuk WPO yang diencerkan gunakan botol terpisah. Saya lebih suka ditempatkan di botol kaca seperti ini. karena tutupnya karet dan mudah dibuka. tapi botol plastik juga nggak apa-apa kog.

Water Proof On varnish for air dry clay

Berikut ini adalah contoh beberapa hasil kreasi clay air dry yang kubuat. Replika Strawberry di kanan menggunakan 100% WPO, dengan glossy finish. Strawberrynya kelihatan segar ya (awas jangan dimakan, itu clay) :P Pertamanya cairan ini seperti translucent, tapi setelah kering akan benar-benar bening.
Permen/lolipop di sebelah kanan itu saya menggunakan WPO +15% air, sedangkan permen pink di bagian depan yang ada mata kawainya. itu menggunakan WPO +40% air.

Untuk miniatur Es pisang ijo seperti di bawah itu, bagian sirup pinknya saya juga pakai WPO lho. Caranya cukup pakai sedikit WPO yang kental + sedikit cat air dan aduk rata. hmm.. jadi deh sirup di atas es. Kalau clayers kreatif berkreasi WPO ini bisa dimanfaatkan menjadi bermacam2 kreasi sesuai kreatifitas kita.

Miniature @KuroHouseofCraft Water Proof On varnish for air dry clay

Sama seperti varnish lainnya, aplikasikan WPO menggunakan kuas yang lembut supaya hasilnya merata dan rapi. Tapi kalau mau tekstur kasar WPO bisa juga diaplikasikan menggunakan kuas yang kasar. Jadi hasil akhir adalah tergantung teknik kita dalam menggunakan kuas.

Sedikit tips untuk kuas, kuas yang terbaik adalah kuas untuk kutek (yang warna hitam) tapi kalau susah ditemui, pilih aja yang lembut. Setelah dipakai, kuas dibersihkan menggunakan Aceton lalu cuci dengan sabun bayi supaya kembali lembut. Jika masih ada sisa varnish yang kering, sikat kuas dengan sikat gigi dalam keadaan kering supaya residu varnish bisa dibersihkan. (ingat ini tips untuk kuas varnish ya, bukan untuk kuas kecil yang biasa digunakan untuk melukis mata, dsb). Intinya kita sebagai crafter/clayers harus tau dengan baik cara memperlakukan materi dan craft tools kita. bagaimana caranya? yuk latihan terus dan bereksplorasi.

Water Proof On varnish for air dry clay
Buat yang mau memesan bisa ke kuroshoppu@gmail.com, atau ke tokopedia Tokopedia Varnish WPO 


Happy Crafting