Friday, December 19, 2014

Food Replica Es Krim Uncle (Replika Makanan) by KuroHouseofCraft

Sebenarnya di bulan terakhir tahun 2014 ini jadwal pesanan sudah penuh tapi memang dasarnya seniman, ketika melihat sebuah tantangan dan tertarik untuk dibuat, saya tidak bisa menolak (my hand..please forgive my mood)
Yaitu membuat Food Replica, alias Dummy Food atau biasa disebut juga Fake Food atau Display Food.


Food Replica - Es Krim Uncle Singapura
Food Replica - Es Krim Uncle Singapura
Ceritanya, sekitar minggu ke dua Desember lalu ada seorang yang bertanya soal Clay pada saya lalu datanglah pesanan ini yaitu membuat replika makanan, lebih tepatnya replika Es Krim untuk display di pameran-pameran atau tenan mereka. Dan waktunya cukup mepet menurutku, tapi ya namanya merasa mood..waktu tidak jadi masalah (gayanya..padahal cukup menjadi masalah hihi)

Orang yang sudah pernah mampir dan jalan-jalan di Singapura pasti pernah mencicipi Es Krim potong yang dijual oleh Uncle (paman) yang bersepeda.. biasanya disebut Ice Cream Sandwich. Kalau di Indonesia, teringat masa kecilku namanya Es dung-dung tapi esnya tidak dipotong2, alias pakai scoop sendok. Es dengan potongan yang tebal dan diapit oleh roti tawar itu rasanya sangat enak dan menyegarkan apalagi kalau kita sedang kelelahan jalan kaki di sana. Nah beberapa bulan lalu saya melihat Es Krim setipe Ice Cream Uncle di sebuah Mall di Jakarta, lalu suami saya beli 1 potong rasa coklat dan kami makan berdua (cukup mengobati sara kangen saya pada Uncle..lho? becanda..tapi pada rasa esnya). Tidak mengira suatu hari saya akan membuat replikanya. Inilah sebabnya saya menerima pesanan ini hehehe..


Food Replica - Es Krim Uncle Singapura

Ada 6 varian rasa replika es krim yang saya buat, Cassata, Strawberry, Ice Cake, Vanilla Oreo, Negrito,  dan rasa coklat. Hm.. enak-enak..ups kalau yang di foto ini tidak untuk dimakan tapi untuk dipajang ya :D. Kalau mau yang asli untuk dimakan, silahkan datang ke Es Krim Uncle di Hero Taman Anggrek Jakarta, dan kalau mau memesan Es Krimnya (yang sungguhan) untuk event2 silahkan hubungi no.telp 0815-1010-8980 atau 0813-1133-8831.

Kali ini saya menggunakan Air dry Clay dan beberapa campuran clay, lem dan cat akrilik, lalu dilapisi dengan varnish doff dan glossy pada beberapa bagian. Membuat replika makanan (dummy food display) itu bagi saya sebuah tantangan yang besar, karena bukan hanya dituntut supaya semirip mungkin dengan aslinya tetapi juga kekuatan otot kita juga ditantang, alias mirip seperti membuat adonan roti..menguleni adonan clay berwarna warni yang cukup membuat tangan agak pegal :P

Tantangan kedua adalah membuat roti tawar yang berwarna hijau pandan muda dan pink peach muda yang pori-porinya memang pori-pori roti yang dihasilkan dari pengembangan selama fermentasi dan hasil oven. Hm..artinya pori-pori roti harus tampak banyak, ada beberapa yang tidak sama ukurannya dan ada tekstur yang beraturan. 

Food Replica - Es Krim Uncle Singapura

Tantangan berikutnya adalah membuat enam jenis es krim ini tampak bervariasi, karena itu pada setiap atas dan bawah saya buat berbeda, ada yang kasar dan ada yang halus. khusus rasa Vanilla Oreo, saya buat efek sedikit meleleh dengan taburan Oreo di dalamnya.. hm..tampak yummy.

Dan berikut ini adalah beberapa foto-foto detil lainnya yang sempat saya foto sebelum dikirim ke pemesan. : ) Thanks God, pemesannya puas dan sukses ya buat Es Krim Uncle Singapura.

Food Replica - Es Krim Uncle Singapura

Food Replica - Es Krim Uncle Singapura







1 comment: