Friday, February 8, 2019

Giant Food Replika (Dummy Food) Pertama di Indonesia



Halo Indonesia, 

Siang ini saya mau post karya saya di awal tahun 2019 yang cukup membuat saya kekar.. iya soalnya, waktu membuat claynya..badan rasanya kayak habis angkat barbel berkilo-kilo dengan proses yang lumayan lama :D (tapi herannya berat badan gak turun juga) haha

Seiring dengan berkembangnya dunia kerajinan tangan dan seni di Indonesia, akhirnya saya membuat juga replika bukan yang biasa. Biasanya, saya membuat ukuran aslinya dengan perbandingan 1:1 atau miniaturnya dengan perbandingan 1:3, 1:6, 1:12 dan sebagainya. Tapi kali ini saya membuat sebuah mie kare/ Curry laksa noodle dengan ukuran mangkok yang berdiameter sebesar 60 cm. Mangkoknya sendiri sudah cukup berat, ditambah mie, kuahnya dan aneka toppingnya maka replika ini nggak bisa diangkat 1 orang, alias harus 2 orang. begitulah si Pak Sopir mengaku keberatan ketika memindahkan food replika ini. 
Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Dan inilah Giant Food replika/ Giant Upsize Dummy Food pertama di Indonesia yang dibuat oleh KuroHouseofCraft yang akhirnya jadi juga...
karena waktu membuatnya sangat extra deg-degan, bagi yang demen seni clay, bikin clay dengan ukuran lebar-lebar itu beresiko pecah, melendung bahkan mencekung, ditambah resiko bagian dalamnya nggak kering-kering ><" uh rasanya pengen cepet kuselesaikan tapi bagaimanapun harus bersabar menunggu dan membuat proses demi prosesnya, mulai dari conditioning/ menguleni claynya, pencampuran warna, sculpting, painting dan sebagainya. Begitu jadi rasanya super lega pakai banget.

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft
Nah yang mau selfie sambil menikmati curry laksa benerannya, silahkan ke Legend Kitchen ya :) Replika ini dibuat memang untuk selfie karena bagian 1 topping udang dan tahunya bisa dilepas2. tentunya jangan digigit atau dicuil-cuil ya..gemes boleh tapi dalam hati aja hihi.. 
Giant Food Replica by KuroHouseofCraft
kalau ini foto jarak dekatnya, bagi saya detail itu sangat penting sekalipun ukurannya besar, saya harus tetap memperhatikan tekstur, bentuk kuah dan lain sebagainya, supaya makin lihat, orang makin lapar hihihi

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft


Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

Ohya di foto terakhir ini, saya mau menjelaskan arti tulisan kanji yang saya sertakan di sana, 美術家, atau びじゅつか. bijutsuka, artinya adalah "artist" atau seniman. Jadi Food Replica  美術家 artinya adalah "Seniman Food Replika".
Replika makanan yang saya buat, bukan dibuat dengan buru-buru tapi saya membuatnya dengan hati dan teknik-teknik yang saya pelajari selama bertahun-tahun, tentu dengan mencurahkan waktu, materi juga tenaga. Semoga dengan demikian, semua orang bisa memahami bahwa tidak ada yang instan khususnya hasil karya - hasil karya handmade. 

Giant Food Replica by KuroHouseofCraft

No comments:

Post a Comment